Siapakah Sebenarnya Sadako?


Siapakah sebenarnya si hantu sumur itu? Pertanyaan yang mungkin semua orang akan menjawab dengan jawaban yang sama, Sadako. Lalu siapakah sebenarnya Sadako Sasaki, Sadako Yamamura dan Samara Morgan itu? Dan apa hubungannya dengan nama Sadako?

Saya sendiri pada awalnya mengira Sadako itu adalah hantu sumur yang sangat terkenal sebagai hantu Jepang yang memiliki nama lengkap Sadako Sasaki, bagi kalian yang belum pernah membaca sejarahnya, bisa melihatnya di artikel saya pada tahun 2010 tentang Sejarah Sadako Sasaki.

Tapi beberapa hari yang setelah lalu menonton film The Ring & The Ring Two di salah satu stasiun TV Indonesia (kemana aja saya selama ini baru nonton film The Ring Trilogy), semua perspektif tentang hantu sumur Sadako mulai ragu, dan mungkin artikel tentang Sejarah Sadako Sasaki pun tidak akan pernah saya tulis.

Setelah beberapa research di om Google ternyata Sadako Sasaki itu bukanlah Sadako si hantu sumur. Kenapa? Menurut Etimologi, Sadako itu adalah sebuah nama yang digunakan untuk wanita Jepang. Terdiri dari dua bagian, "sada" dan "ko" yang jika diartikan menjadi "anak yang suci". Di Jepang, namanya menjadi terasosiasi secara negatif, yaitu sebagai hantu meski awalnya terkenal sebagai nama yang sangat populer untuk gadis Jepang. Sedangkan jika menurut Mitologi, Sadako adalah arwah jahat yang berdasarkan konsep Jepang Onryo (Hantu yang memiliki dendam, khususnya bagi wanita). Mereka memiliki ciri-ciri fisik sebagai wanita berwajah pucat dan berambut panjang hingga menutupi wajahnya yang mengenakan pakaian yang biasa digunakan untuk pemakaman, namun berwarna putih polos.

Menurut Wikipedia, ternyata Sadako hantu sumur yang kita cari itu memiliki nama lengkap Sadako Yamamura, seorang karakter fiksi dalam novel Jepang, manga dan film Ring. Dari sini semua sudah jelas, bahwa Sadako si hantu sumur itu bukan Sadako Sasaki, melainkan Sadako Yamamura. Sedangkan Sadako Sasaki adalah seorang anak korban bom Hiroshima yang terkenal karena membuat banyak origami burung, dan menjadikan burung kertas sebagai simbol perdamaian dunia.

Ringu (1998), Sadako Yamamura

Sadako Yamamura adalah anak yang lahir dari ibu seorang manusia dan ayah seorang setan. Dan meskipun memiliki sosok sebagai wanita cantik, Sadako Yamamura juga diketahui sebagai seorang hermaphrodite (berjenis kelamin ganda) . Dia dibunuh oleh seorang yang Dokter yang lebih dulu memperkosanya sebelum membuangnya kedalam sebuah sumur. Sadako selamat ketika dijatuhkan kedalam sumur, tapi pada akhirnya dia mati kelaparan dengan hati yang penuh kebencian.

The Ring (2002), Samara Morgan

Samara Morgan adalah sosok anak kecil yang juga lahir dari ibu seorang manusia dan ayah seorang setan. Ibu kandungnya terus mencoba membunuh Samara karena mendengar bisikan ketika ia bermimpi, sampai akhirnya Samara pun di adopsi oleh ibu angkatnya. Tapi pada akhirnya, ibu angkat Samara membunuhnya dengan menutup kepala Samara dengan plastik hingga ia pingsan dan menjatuhkannya kedalam sumur, Samara pun tewas didalam sumur itu 7 hari berselang pada usia 8 tahun karena kelaparan.



Japanese VersionAmerican Version
Name
Sadako Yamamura
Samara Morgan
Age19 (when pushed down the well), around 49 (time of death)8
AbilitiesNensha, body possession, can appear as a ghostly apparition, creator of a new medical virus.Nensha powers, appears as a ghost, manipulation over electrical objects, water manipulation, telepathy, body possession, spider walking.
WeaknessHad uncontrollable psychic powers when alive.Water. (Samara is hydrophobic; the fear of water.)

Dari film Ringu dan The Ring, kedua hantu itu disebut sebagai Sadako, arwah yang muncul sebagai sosok wanita berambut panjang bermuka pucat dan mengenakan pakaian putih. Sadako pada kedua film ini juga digambarkan muncul dari sebuah televisi sang korban karena telah menonton videotape terkutuk yang ia buat karena dendamnya. Kemunculan Sadako dari layar televisi dimulai dengan tanda-tanda televisi yang tidak bisa dikontrol, dan akan menampilkan latar sumur tua tempat dia dibunuh, lalu perlahan-lahan akan muncul sosok wantia yang keluar dari dalam sumur dan berjalan mendekat mengarah pada kita hingga Sadako muncul melalui layar televisi, dan sekarang dia ada dibelakang kalian dan siap untuk membunuh kalian atau setidaknya hanya membuat kalian kaget.



Sadako (1998) Muncul dari dalam TV

Samara (2002) Muncul dari dalam TV

Hhe, back to the topic. Hmm, mungkin bagi kalian yang pernah menontno The Ring Two akan setuju juga bahwa scene didalam sumur adalah yang palin mendebarkan, di scene ini Rachel (protagonis) masuk kedalam sumur dimana Samara Morgan dibunuh, dan ketika Rachel setengah jalan memanjat dinding sumur tersebut, dari dasar sumur muncul sosok Samara dengan wajah yang sangat menyeramkan mengejar Rachel, Samara memanjat dengan sangat cepat seperti laba-laba, tentu dengan efek yang cukup membuat kita berdegup merinding melihatnya.


Nah, sekarang sudah tahu kan siapa itu Sadako, Sadako Sasaki, Sadako Yamamura, dan Samara Morgan. Mungkin kalian juga rada males yang baca artikel horror ini (apalagi saya yang ngumpulin info dan gambar-gambarnya). Butuh keberanian yang cukup besar buat baca artikel horror dan nonton film semacam The Ring Trilogy. Cerita Sadako ini sangat bagus, salah satu film horror terbaik di dunia, culture yang dibawakannya juga menarik, tiap unsur didalamnya : videotape, sumur, dll yang membuat film ini menjadi sangat dikenal dunia. Tapi hantu dengan sosok seperti ini di Indonesia juga ada kok, dan mungkin sekarang sosok ini juga diam-diam sedang memperhatikan kalian.





Source :



Like our Facebook page: Anime and Manga Indonesia
Follow our Twitter: @animangasign (open followback)





Like our Facebook page: Anime and Manga Indonesia
Follow our Twitter: @animangasign (open followback)

18 comments:

  1. aduuuh serem banget liat gambar"nya tuuuhh....

    ReplyDelete
  2. @Clover
    Waktu searching gambar2nya juga lumayan deg-degan, hha..

    ReplyDelete
  3. Di film ringu kenapa sadako-nya ada dua yg kecil dan dewasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang kecil itu, waktu dia berumur 19 tahun, di mana dia dijatuhkan ke sumurnya. Dan dia mati pada dia berumur 48 tahun. Jadi, ia dikatakan yang besar sewaktu dia mati umur 48 tahun.

      Delete
    2. Mungkin maksudnya Sadako di film The Ring..?

      Kalo iya, waktu itu saya pernah baca, penjelasan untuk Samara dewasa di film The Ring, "SAMARA HAD ACTUALLY MATURED IN THE WELL", yang artinya dia tumbuh dewasa di dalam sumur..

      Hmm, makin serem aja nih film.. Tapi, tunggu aja post selanjutnya, saya akan bahas lagi misteri-misteri lain yang ada di film ini..

      Delete
  4. @Oktarina Halfia

    Ringu itu film versi Jepangnya (tahun 1998), kalo versi Internasionalnya dikasih judul The Ring. Saya juga kurang tau tentang cerita dalam versi Jepang (Ringu), tapi kyknya itu sama, hanya di remake aja.

    ReplyDelete
  5. Gak pernahh berani nontonn cukup bca ini setelah bertahun2 , trus terakirnya gmanaa perbandingan endingnya kurang kyknya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ending di film The Ring (sekuel pertama), kutukan videotape itu bisa dihentikan kalo orang yang pernah nonton mengkopi film itu ke tape lain..

      Dan di ending The Ring Two (sekuel kedua), tokoh utamanya berhasil membebaskan Sadako dari dalam sumur yang dia sangka akan menghilangkan dendam Sadako..

      Yah intinya gitu, soalnya mending nonton filmnya, kalo ga berani, nonton bareng temen aja.. Soalnya saya juga nonton film itu sambil sesekali nutup mata (serius).. :D

      Delete
  6. Yg aneh itu gmna cara si samara buat videonya, kan doi udah mati.
    oh iya dmna ya bisa donlot video kutukan di film the ring, sumpah tuh video keren.
    Kalau ada bagi linknya gan.

    ReplyDelete
  7. Jadi Sadako itu bukan urban legend dari jepang? ternyata cuman karakter fiksi dalam novel dan film

    ReplyDelete
  8. Untung aja settingan di opera mini gue, image-nya off, kalo gak ya mimisan gue ngeliat tuh gambar dedemitnya -_- dan kenyataannya gue gak berani ngeliat tuh demit -_- ih author nakut2in sih pake bilang lagi merhatiin kita ;_;
    .
    Jadi sadako itu gak cuma satu versi? Hmm kirain cuma ada satu versi pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sadako asalnya memang dari Jepang, cuma cerita yang versi The Ring dibuat sedikit lebih beda aja..

      Hmm, setting gambar Off pasti sengaja biar agak murah browsingnya kan..? (soalnya saya juga gitu), hha.. Saya aja yang bikin artikel sama ngumpulin gambarnya takut, tapi ini sih cuma beberapa aja, coba cari "Sadako" di Google > Images.. :D

      Delete
  9. gila bener dah :v
    ane kaga baca, cuman liat fotonya aja.hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hha, kenapa ga baca..? :D

      Tapi kalau mau baca tentang sejarahnya Sadako Sasaki yang ga (terlalu) horror bisa diliat disini: Sejarah Sadako Sasaki.

      Thanks udah berkunjung..

      Delete
  10. Gan.. saya kan suka bgt nih film horor.. tapi saya blom pernah nih liat filmnya sadako.. paling denger dari tmn dan search.. klo boleh tau the ring tahun brapa ya munculnya.. hehehe kudet saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. The Ring itu tahun 2002, dan sekuelnya, The Ring Two tahun 2005.. :)

      Delete
  11. ;( jadi takut ni liat tv. Waspada kalo tv nya tiba2 bures sendiri, arwah gw pasti kabur duluan. Ahaha

    ReplyDelete

1. No need to input word verification like others blog.
2. Your comment will be published & responsed in 24 hours.
3. I will not publish negative Anonymous comment.
4. Report if there's any broken link and I'll try to fix it ASAP.
5. Any critics and suggestions are welcomed conveniently.
6. You can also contact me on Twitter at @irfan18s.

Feel free to leave comment.
Regards: http://animanga-sign.com/